Tuesday, March 1, 2011

[Windows] Mengatasi masalah shutdown di windows xp pada notebook Acer4732z

Posting pertama saya mengenai masalah system operasi windows xp, karena ini merupakan masalah yang lumayan merepotkan bagi saya dan buat repot juga sama pemilik aslinya (hehe ngoprek punya orang soalnya).
Acer 4732z merupakn produk keluaran dari vendor notebook yang mulai naik daun dalam berbagai hal prangkat peripheral computer, namun dari segi buatan yang dibuat oleh suatu vendor pasti banyak masalah yang dialami oleh para konsumen yang dikatakan hanya bisa memakai saja dan untuk masalah rusak ataupun ada crash, otomatis larinya ke para orang yang berkutat di reparasi computer ataupun notebook, dan malah langsung minta diganti dengan garansi (kalau masih ada garansinya), tentu hal tersebut membuat suatu hal yang mubazir bagi kita, karena garasi terbuang hanya untuk masalah yang sepele dan masalah terbut sebenarnya bisa kita atasi sendiri sekalian belajar.
Dari pengalaman saya saat membantu teman yang ingin menginstal ulang laptop nya yaitu Acer 4732z dengan system operasi Microsost Windows XP Service Pack 2, dalam hal instalasi seperti biasa tidak ada masalah sampai selesai, kemudian yang menjadi masalahnya ketika sudah kita install driver yang mendukung untuk system operasinya, shutdownnya tidak mau berjalan secara normal artinya shutdownnya “lama” atau bahkan tidak mau shutdown, tentu hal itu mengganggu, terutama pengalaman saya ketika menginstall ulang tersebut. Oke berikut cara mengatasinya.
  • Sebenarnya ini hanya bermasalah pada driver Video WebCam-nya acer
  • Klik kanan pada ikon My Computer
  • Pilih Properties > Hardware
  • Kemudian klik Device Manager
  • Cari direktori Imaging device pada Device Manager tersebut, kemudian
  • Klik kanan Update Driver ,mengapa kita lakukan ?, ini karena drivernya Webcam device jadi masalahnya, maka maksu kita nantinya kita ganti WebCam device-nya dengan USB video device.
NB : sebagai catatan, jangan pilih Disable, ataupun Uninstall, karena yang punya laptop tidak bisa narsis berfoto,kasian dong.

  • Pilih No, not this time > Next
  • Pilih saja Don’t search. I will the driver to install
  • Kemudian pilih untuk modelnya USB Video Device bukan yang Webcam Device > Next > Finish
Images device nya berubah menjadi USB video device, dan Video WebCam-nya masuk ke bagian Universal Serial Bus controllers
  • Kemudian Apply dan coba tes dengan melakukan shutdown.
Berikut daftar driver yang anda butuhkan untuk penginstalan laptop Acer ini.
Chipset
Acer Aspire 4732z menggunakan chipset Intel, untuk mendownload drivernya silahkan pilih berdasarkan OS nya yang windows XP Klik di sini, Windows 7 Klik di sini

VGA
Untuk VGAnya Acer 4732z masih menggunakan Intel, untuk mendowload drivernya silahkan pilih berdasarkan OS, Windows XP klik di sini, Windows 7 Klik di sini

Audio
Untuk audio kita dapat menggunakan driver Conexant, untuk mendowload drivernya silahkan pilih berdasarkan OS, Windows XP klik di sini, Windows 7 Klik di sini

LAN
Untuk driver LAN Acer menggunakan Atheros dan terdapat 3 pilihan, namun saya pilihkan yang terkecil sizenya saja sekitar 2.7 mb kalau driver yang untuk windows 7 sekitar 4.4 mb, untuk mendownloadnya silahkan pilih berdasarkan OS, Windows XP klik di sini, Windows 7 Klik di sini

Wireless
Untuk driver wirelessnya saya pilhkan yang Foxconn, kembail saya pilihkan yang terkecil sizenya sekitar 5.8 mb, untuk mendownloadnya silahkan pilih berdasarkan OS, Windows XP klik di sini, untuk Windows 7 Klik di sini.

39 comments:

  1. Wah saya juga mengalami masalah yang sama.
    Pada Accer 4535
    habs shutdown laptop layar tetap biru terus
    jadi tunggu bateranyai habis atau dimatikan paksa baru laptopku mati total.

    aku udah ikutin caranya tapi di imaging services klik kanan cuma ada scan dan properties.
    kalo masuk ke video webcam baru ada pilihan update driver.
    dan setelah diupdate kembali ke videowebcam juga.
    Bagaimana supaya menjadi USB video devices.
    Mohon lebih dijelaskan langkahnya berserta gambar yang membantu.

    Maksih.^^

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak atas pencerahan, saya sampai di bikin repot gara2 shutdwonn laptop yang terlalu lama, bahkan sampai menginstall berulang-ulang kali tetap juga lama shutdown nya. ternyata cuma masalah di driver webcamp. sekali lagi trim's atas pencerahannya.....

    ReplyDelete

  3. Ryuken :


    Terima kasih banyak atas pencerahan, saya sampai di bikin repot gara2 shutdwonn laptop yang terlalu lama, bahkan sampai menginstall berulang-ulang kali tetap juga lama shutdown nya. ternyata cuma masalah di driver webcamp. sekali lagi trim’s atas pencerahannya…..

    Sama - sama, terima kasih juga atas kunjungannya :)

    ReplyDelete

  4. stranger :


    Wah saya juga mengalami masalah yang sama.
    Pada Accer 4535
    habs shutdown laptop layar tetap biru terus
    jadi tunggu bateranyai habis atau dimatikan paksa baru laptopku mati total.
    aku udah ikutin caranya tapi di imaging services klik kanan cuma ada scan dan properties.
    kalo masuk ke video webcam baru ada pilihan update driver.
    dan setelah diupdate kembali ke videowebcam juga.
    Bagaimana supaya menjadi USB video devices.
    Mohon lebih dijelaskan langkahnya berserta gambar yang membantu.
    Maksih.^^

    Maaf atas tidak lengkapnya gambar tersebut, coba akali dengan meng-instalkan driver webcam nya, setelah itu lakukan seperti langkah2 di posting.semoga membantu :)

    ReplyDelete
  5. makasih pencerahan nya gan..
    saya udah ampir mw install ulang lagi gara" g bisa restar n shutdown..
    jadi saya paksa dng menekan tombol power sampai laptop ny mati..

    tapi setelah saya baca artikel nni, laptop saya jadi normal lagi..
    thanx gan...

    sukses buat artikel" lain nya...

    ReplyDelete

  6. aan :


    makasih pencerahan nya gan..
    saya udah ampir mw install ulang lagi gara” g bisa restar n shutdown..
    jadi saya paksa dng menekan tombol power sampai laptop ny mati..
    tapi setelah saya baca artikel nni, laptop saya jadi normal lagi..
    thanx gan…
    sukses buat artikel” lain nya…

    sama - sama, terima kasih juga atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  7. kalau acer 532h bagaimana cara mengatasi shutdown lama kayak gitu?mohon penjelasannya

    ReplyDelete

  8. hosnandar :


    kalau acer 532h bagaimana cara mengatasi shutdown lama kayak gitu?mohon penjelasannya

    saya belum pernah nyoba, tapi kalau jadikan solusi memperbaikinya dengan cara di atas silakan coba :)

    ReplyDelete
  9. laptop saya merk acer,,, tp setiap mau dimatikan,, malah updates configure trs2...
    lama br bs mati atau masuk ke windoews....
    mohon di bls y...
    thanx

    ReplyDelete
  10. saya belum bisa mengerti maksud anda dengan "malah updates configure trus",kalau anda bisa silahkan coba tutorial yang saya berikan. trim's

    ReplyDelete
  11. tanks bro udah bsa shutdown lg tanks...........

    ReplyDelete
  12. ane bingung krna blom prnah alami yg b'ginian,,,
    tp g' da salah-a d coba alternatif lain m'lalui Registry mgkin jg bisa membantu....

    :D

    ReplyDelete
  13. silahkan saja.kalau berhasil mohon dishare ya :),terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

    ReplyDelete
  14. Nakasih gan artikelnya, akan saya coba. karena laptopku juga sama lama klo mo di shut down.

    ReplyDelete
  15. Thanks it's excellent solution !

    ReplyDelete
  16. mau tanya nih laptop ku USB nya gak terbaca kalu flashdisk di colokan tapi kalo modem bisa apa yah permasalahan nya.

    ReplyDelete
  17. Terima kasih banyak atas pencerahanya gan..., informasi ini sangat bermanfaat kebetulan saya mengalami masalah ini dan masalahnya tuntas... tas... tas...

    ReplyDelete
  18. sebenarnya ini juga pengalaman saya juga. terima kasih atas kunjungannya ke blog saya :)

    ReplyDelete
  19. kalau bisa diperjelaskan di sistem operasi apa ya? windows ato linux? terus apakah anda sudah mencoba di tempat (komputer) lain ?

    ReplyDelete
  20. sama2, terima kasih atas kunjugannya :)

    ReplyDelete
  21. uhh makasih banget gan..ane dibuat pusing tujuh keliling gara2 kasus ini tapi untung ada artikel ini ..setelah saya baca truz dipraktekin dadadadadaddan akhirnya laptop saya sembuh dari penyakit ganas ini..sekali lagi trima kasih ya gan
    .
    .
    saya juga permisi mau copas ni artikel..tenang aku tulis sumbernya koq
    .,
    salamkenal

    ReplyDelete
  22. Oo itu tho..
    itu adalah bagian dari prosedur shutdown (save your seting) cuman ini dilihatkan prosesnya..teng aja gan ntar juga mati2 sendiri
    dan juga jangan sekali2 agan langsung matiin lewat tombol power saat updates itu bisa memporak porandakan harddisk,ram,vga, dan kawan2nya..
    ok
    salam kenal ajja gan

    ReplyDelete
  23. makasih.... saya type 4315.. mslh sama... oke deh skrg

    ReplyDelete
  24. Ato simple nya melalui Run -> msconfig -> general > pilih yang selective. Trus restart n muncul box utk meminta kita kembali ke normal dan klik "ok, nanti akan muncul window msconfig -> general n trakhir pilih yg "normal loaded"

    ReplyDelete
  25. Ato baca ja di "help and support" :)

    ReplyDelete

  26. tommy :


    Ato baca ja di “help and support”

    terima kasih atas bantuannya, semoga bisa bermanfaat untuk semua :)

    ReplyDelete
  27. bg boleh paste gak d blog saya...

    ReplyDelete

  28. andy :


    bg boleh paste gak d blog saya…

    silahkan mas andy :)

    ReplyDelete
  29. Mantap solusinya. Bermanfaat banget. Trima kasih

    ReplyDelete

  30. Cepy :


    Mantap solusinya. Bermanfaat banget. Trima kasih


    sama2..terima kasih atas kunjugannya :)

    ReplyDelete
  31. pertamax gann..
    artikel nya betul2 top markotop..
    sekarang lptop ane uda normal,, thanx gannn

    ReplyDelete

  32. binalam :
    pertamax gann..
    artikel nya betul2 top markotop..
    sekarang lptop ane uda normal,, thanx gannn

    sma2.
    terima kasih juga sudah berkunjung ke blog sya.

    ReplyDelete
  33. Mohon pencerahan na bang.....

    saya dah coba buat seperti yang di atas....

    ga bisa juga shutdown nich laptop ane bang...

    malah cam na ga ada gambar...

    kalau di buka yang keluar Video Preview Failure

    mohon pencerahan na ya bang.....kalau bisa jawaban na kirim ke email bisa bang??

    email saya d3wa4smar4@gmail.com

    Trim's sebulum na bang.

    ReplyDelete
  34. och ya saya lupa mensertakan type laptop saya aspire 4732z

    ReplyDelete

  35. syamsibar :
    och ya saya lupa mensertakan type laptop saya aspire 4732z

    coba anda lakukan sesuai dengan langkah - langkah yang ada :)

    ReplyDelete
  36. Terima Kasih gan, sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  37. Terimakasih gan, atas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan,terima kasih juga untuk kunjungannya :)

      Delete