Saturday, October 27, 2012

Membuat Layanan Cloud Storage Menggunakan Owncloud (ver.4.5.1)

Banyak layanan cloud storage yang bertebaran di internet seperti layanan dari dropbox, google drive, spideroak dan lain sebagainya. Dari berbagai layanan cloud storage tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dalam hal ini dibahas salah satu software yang dinamakan Owncloud.
Owncloud sendiri merupakan software opensource yang bisa membangun sebuah layanan cloud storage dalam kategori Infrastructure as a Service (IaaS) Cloud Computing, berbasis CMS (Content Management System), dapat membangun layanan untuk pribadi, komunitas ataupun lembaga perusahaan. Owncloud saat ini sudah rilis untuk versi 4.5.1 yang dikembangkan oleh tim pengembang owncloud, memiliki fitur file sharing termasuk ke dropbox, streaming musik, kalender, kontak selain itu juga dukungan dalam segi dukungan file seperti penampil file yang terintegrasi dengan file ODF, dukungan keamanan yang terenkripsi,tampilan yang bisa diubah dengan sesuai dengan tema,fasilitas upload drag & drop,serta application store dan masih banyak yang lainnya untuk fitur pendukung.

Instalasi owncloud
Langkah 1. Merupakan spesifikasi dari sistem operasi yang digunakan, adapun dalam tutorial ini menggunakan sistem operasi Ubuntu 12.04 LTS, kemudian langsung instalasi paket pendukung dependensi paket untuk owncloud :
sudo apt-get install apache2 php5 php5-json php5-gd php5-sqlite curl librcurl3 librcurl3-dev php5-curl php5-common php-xml-parser
note : apabila sudah menginstall apache2, ketik ServerName locahost pada file konfigurasi di /etc/apache2/httpd.conf, kemudian lakukan restart untuk apache2 webserver.

Untuk database server bisa menggunakan sqlite ataupung mysql dan yang lainya jika untuk databases yang besar bisa menggunakan mysql, postgresql, namun sebaliknya gunakan sqlite.
Intalasi SQLite
sudo apt-get install sqlite
Intalasi MySQL
sudo apt-get install mysql-server mysql-client
Note : pada instalasi mysql, masukkan password untuk mysql server tersebut.

Langkah 2. Download owncloud pada situs resminnya owncloud.org pilih versi terbaru (untuk saat ini versi 4.5.1), kemudian ekstrak file owncloud-4.5.1.tar.bz2 kemudian copy atau pindahkan ke direktori /var/www/.
wget http://mirrors.owncloud.org/release/owncloud-4.5.1.tar.bz2
tar -xvf owncloud-4.5.1.tar.bz2
sudo mv owncloud /var/www/
Langkah 3. Mengatur hak akses direktori /var/www/owncloud dengan user dan group dari pemilik webserver.
sudo chown -R www-data:www-data /var/www/owncloud
*Tambahan : Untuk memperbesar file upload file pada owncloud ubah post_max_size pada file /etc/php5/apache2/php.ini untuk mengubah ukurang file upload pada owncloud
Langkah 4. restart untuk apache2 webserver dan mysql server.
sudo /etc/init.d/apache2 start
sudo /etc/init.d/mysql start
Langkah 5. buka browser, ketik http://localhost/owncloud/ lakukan konfigurasi dan user admin untuk owncloud.




Sumber Referensi :
  • Instalasi Owncloud - http://owncloud.org/support/install/
  • Trobleshooting file dependensi - http://forum.owncloud.org/viewtopic.php?f=3&t=2345

No comments:

Post a Comment