Saturday, July 30, 2011

Tentang Kernel Linux 3.0

baru saja kemaren seitar tanggal 27 juli 2011, rilis kernel linux versi 3.0 dari rilis ini merupakan rilis linux ke 20 tahunnya. fitur yang diperbaiki secara rutin dan mendapat dukungan yang lebih sempurna patut untuk di coba dan diimplementasikan ke dalam distro sistem operasi linux versi berikutnya. Dari penyempurnaan diharapkan memiliki fungsi yang lancar dalam penyaringan paket di jaringan.


Untuk rilis versi 3.0 ini merupakan "loncatan" dari versi sebelumnya yaitu versi 2.6.39 tidak dimaksudkan sebagai suatu perubahan fitur yang mendasar. Linus Torvalds sebelumnya telah berulang memaparkan keinginananya untuk melakukan pembaruan pada sistem penomoran versi kernel Linux. Awalnya dipertimbangkan perubahan dari 2.6 ke 2.8, namun akhirnya dipilih lompatan ke versi 3.0. Salah satu alasan non teknis adalah untuk menyambut ulang tahun ke duapuluh atas keberadaan kernel Linux yang turun ke bumi pada tanggal 17 September 1991 menyandang versi 0.0.1.






Fitur terpenting yang disertakan disamping penyederhanaan penomoran menjadi Linux 3.0, antara lain adalah termasuk: Btrfs Data scrubbing dan defragmentasi otomatis, dukungan XEN Dom0, ICMP_ECHO biasa, wake on WLAN, penyaringan Berkeley Packet Filter JIT, sistem serupa memcached untuk halaman cache, sebuah sendmmsg () syscall yang melakukan batch terhadap panggilan sendmsg () dan setns (), syscall yang memungkinkan penanganan lebih baik dari sistem virtualisasi ringan seperti kontainer. Dukungan hardware baru telah ditambahkan: misalnya, Microsoft Kinect, AMD Fusion Llano APUS, Intel iwlwifi 105 dan 135, Intel C600 serial-attached-scsi controller, Ralink RT5370 USB, beberapa perangkat Realtek RTL81xx atau Apple iSight webcam.

Banyak drivers dan perbaikan kecil lainnya juga telah ditambahkan. Adapun berbagai kontributor dari pengembangan kernel 3.0 ini ialah para vendor yang lama bergerak dengan open source seperti Redhat,Intel, berserta komunitas penggerak opensource lainnya, namun untuk rilis ini dapat juga dari Microsoft yang menjadi sebagian pendukung.

Nah..Penasaran dengan kernel linux 3.0 ? apa saja yang di dukung oleh Microsoft, yang selama ini "anti" terhadap Linux.?. Ingin mencobanya.





Sumber : http://kernelnewbies.org/Linux_3.0 ; http://gudanglinux.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment