Saturday, March 10, 2012

Sekilas tentang GNS3 dan Packet Tracer

Kedua tool ini merupakan favorite saya untuk belajar memahami networking, terlebih untuk saya yang newbie dalam hal itu, kenapa kedua tools itu ?, karena sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan terlebih untuk tutorialnya semaking banyak berkembang dalam dunia maya (internet).


Tool yang sangat keren bagi saya, yaitu sebuah program graphical network simulator yang berguna mensimulasikan topologi jaringan, dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks sehingga dapat menjadi keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan simulator lainnya. Untuk GNS3 sendiri menggunakan prinsip dengan mengemulasikan IOS nya Cisco pada komputer kita, sehingga PC/komputer kita sendiri bisa berfungsi layaknya sebuah router ataupun switch. Para network engineer yang ingin mendapat sertifikasi Cisco seperti CCNA, CCDA,CCNP,CCIE, ataupun dari Juniper tool ini merupakan pelengkap dalam belajar mereka, dikarenakan mudah untuk digunakan, gratis, sehingga jika dibangdingkan dengan membeli peralatan router ataupun switch Cisco aslinya, sangatlah mahal (terutama saya pelajar berkantong cekak) dan dalam tampilannya hampir serupa dengan router aslinya, sehingga jika kita menjalankan GNS3 seakan menjalankan router yang sesungguhnya. Untuk lebih lanjut mengenai GNS3 ada di http://www.gns3.net/ untuk IOS nya silahkan berkunjung ke link IOS

Tampilan GNS3


Tool ini merupakan tool pertama saya dalam belajar memahami jaringan komputer, Packet tracer sendiri dikembangkan oleh Cisco, dimana berfungsi untuk membuat suatu jaringan komputer secara sederhana sampai yang kompleks sekalipun. Banyak fitur yang di andalkan, baik dalam bermacam router, switch, server, voip dll. tidak seperti GNS3 yang mengharuskan kita menjadikan IOS sebagai inti dari program tersebut, namun  di Packet tracer sendiri, untuk menjalankan sebuah router tidak perlu dengan IOS cisco, karena packet tracer itu sendiri lebih ke simulasi, dan GNS3 lebih ke virtualisasi. Tool ini sangat user friendly dan sangat mudah digunakan, dengan fitur yang sangat lengkap,dijamin sebagai pendamping belajar teori kita akan mengerti dari praktis dengan packet tracer ini. Tool ini sangat di recomended kan oleh saya sendiri, bagi mereka yang ingin belajar jaringan komputer terlebih untuk mendapatkan sertifikasi cisco. Untuk lebih lanjut silakan ke Cisco Packet Tracer (lihat juga [Networking] Packet Tracer 5.3.3)

No comments:

Post a Comment