Saturday, October 27, 2012

Manajemen User Pada Layanan Cloud Storage Owncloud

Perlu diketahui bahwa layanan owncloud bisa dibuat untuk multi user, yang mana setiap user memiliki akses yang berbeda sesuai dengan group yang di buat ataupun akses yang diberikan oleh admin serta kapasitas storage virtual tersendiri untuk setiap user.

Manajemen User
Langkah 1. Masuk/login dengan user yang memiliki akses admin, ataupun user default yang dibuat pada saat proses instalasi owncloud (pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai proses instalasi owncloud).






Langkah 2. Masuk ke mode Settings.
Personal, merupakan bagian untuk mengubah data akun pada user.


Users
, bagian untuk membuat user yang bisa masuk ke akses layanan cloud storage yang dibuat berupa Name (username) Password, Group (group akses, berupa admin, dan lainya), kemudian Default Qouta merupakan pilihan untuk kpasitas virtual yang akan dimiliki oleh user yang dibuat.


Contoh : username : user1, password: ******, dan Default Qouta: 1GB. untuk Group, masukan dengan nama untuk group baru (+add group) dengan lokal1. jika sudah pilih Create.



Langkah 3. Logout, kemudian login dengan user yang telah dibuat.

Dengan adanya manejemen user tersebut setiap user mempunyai kapasitas tersendiri sesuai yang telah dibuat setting sebelumnya, mempunyai akun files tersendiri sehingga bisa terintegrasi dengan akses group yang sama.

Sumber Referensi :
  • Documentation Owncloud - http://owncloud.org/support/

No comments:

Post a Comment