Wednesday, July 18, 2012

Sistem Operasi Linux Bernuansa Islami

Sistem operasi linux yang familiar bagi para user, adalah seri dekstop standar yang menyediakan segala hal macam software dari segi office, penggunaan untuk mengakses internet dan terlebih untuk sebagian server yang powerfull. Hal itulah yang menjadi keuntungan dari sistem operasi linux terlebih memperbolehkan setiap user untuk mengubah,memodifikasi terlebih mengembangkan menjadi sesuatu sistem operasi yang baru, dan pada bulan ramadhan yang penuh berkah, alangkah baiknya para user mengenal sistem operasi linux yang bernuansa islami . InsyaAllah bermanfaat.


  1. Sabily Linux
    Sistem operasi Linux Sabily atau disebut juga dengan Sabily, merupakan sistem operasi linux bernuansa islami yang sangat terkenal bagi para user linux muslim. Dari pengembangan sistem operasi linux ini, dahulunya bernama Ubuntu Moeslim Edition (Ubuntu ME), namun seiringnya perkembangan yang didukung oleh para pengembang linux muslim, berganti nama menjadi Sabily. Sabily merupakan turunan dari distro Ubuntu linux, dengan mengikuti perkembangan Ubuntu, maka Sabily selalu merelease versi baru juga sebagai bentuk eksistitansi terhadap perkembangan sistem operasi linux dan juga sangat cocok digunakan untuk para pemula.Untuk software secara default hampir sama dari seri linux Ubuntu, dari segi office, internet, dan edukasi lainnya,demikian untuk software pendukung tambahan yang bernuansa islami yang ada dalam Sabily, antara lain :

    zekr (aplikasi belajar Al-Qur'an) , Minbar (aplikasi pengingat waktu shalat ), monajat (aplikasi pop-up Do'a setiap beberapa waktu yang ditentukan), firefox-praytimes (extensi Firefox yang dapat menampilakan waktu shalat ),webstrict UI frontend to DansGuardian (aplikasi filtering konten web) , nanny (parental control system ), thwab (Electronic Encyclopedia System (Ensiklopedia Islam) ), hijra (Kalender Islam ), mus-haf Othman (Othman Qur'an Browser ), noor: Qur'an viewer (penampil Qur-an) , fsool: abbreviated chapters in the Messenger vita (Sirah "perjalanan" Nabi Muhammad) , rejaal: Men around the prophet (sahabat nabi).ScreenShot:

    Sabily 11.10 Dengan Unity Desktop

    Website : Sabily-org (http://www.sabily.org/website/), Sabily-id (http://www.sabily-id.org/)
  1. BlankOn Sajadah
    Distro linux ini merupakan pengembangan dari linux BlankOnyang merupakan sistem operasi linux dikembangkan oleh pengembang BlankOn Indonesia.BlankOn Sajadah 7.0 Pattimura ini mempunyai fitur dasar yang disertakan dalam BlankOn 7.0 Pattimura edisi regular, seperti :

    Aksara Nusantara, Chromium, Stardict, BlankOn Panel, ditambah dengan Fitur khas Islami seperti QiLO - Al Quran di LibreOffice, Zekr - Al Qur'an terjemah dan suara tartil daring dan luring - online/offline, Othman Quran dan Noor - Peramban Al Quran ,Minbar - Pengingat waktu sholat, Peramban Internet Chromium ,Peramban Internet Firefox ,Stellarium - aplikasi melihat tata surya / planetarium dan alat peraga rukyatul hilal, Dukungan penulisan huruf arab, DNS Nawala - DNS Penyaring domain berkonten negatif, Hijra - Kalender Islam, Monajat - Aplet penampil Doa-doa, Thawab - Ensiklopedi dan penampil ebook hadis dan kitab, Hadis-Web 4 - Kumpulan hadis hadis Bukhori, Muslim dll.Screenshot:



    Website : BlankOn Sajadah (http://sajadah.blankonlinux.or.id/ )

  2. Tajdid
    Seperti yang dikutip dari websiter resmi Tajdid Linux. Tajdid linux adalah distro linux lokal indonesia yang dibangun dan dikemas secara khas dan khusus serta sengaja ditujukan untuk anda yang menghendaki hadirnya nuansa keilmuan dan ke-Islam-an dalam sistem komputer. Tujuan dibuatnya Distro ini demi menghasilkan Linux Islam Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Menghadirkan filosofi kemudahan, kehandalan. dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk dunia pendidikan dengan slogan Distro Studi dan Dakwah Islam. Dikembangkan oleh POSS UMS dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dengan maksud demi menghasilkan distro linux islam indonesia sesuai dengan user komputer di indonesia.
    Beberapa fitur – fitur paket yang ada dalam Tajdid linux seperti :

    pada Acceories – Calculator,Game - cultivation, Perkantoran : Open Office, xCHM, Ke-Islam-an : Zekr, WebStrict, Internet : Pidgin Internet Messenger, Firefox Web Browser, Pendidikan : Ebook managemen (calibre, senayan), Multimedia : Amarok, Brasero Disk Burner, Movie Player, audacious2,8. Ke-Muhammadiyah-an : Pudingmu, E-book{pedoman hidup warga Muhammadiyah (PHMI).Screenshot:



    Website : Tajdid Linux (http://www.tajdidlinux.org/)


  1. Ojuba
    Sistem operasi linux ini merupakan turunan dari distro linux Fedora 15 (nama kode Love Lock. Ojuba didukung sepenuhnya dengan bahasa arab sebagai sebuah didikasi kepada pengguna linux muslim. Untuk rilis dalam 2 versi yaitu Live DVD/USB dan DVD installer yang bisa diupgrade menggunakan versi sebelumnya. Desktop manager untuk Ojuba hadir dalam kemasan GNOME 3, KDE 4.3.1, Xfce 4.6.1 dan LXDE. Sementara itu paket yang tersedia diantaranya :

    ojuba control center, ojuba-mimic, original artworks, Quran browser and Thwab library,Arabic-Islamic books like Sunan and classical Dictionaries, prayer time reminder, Monajat supplications, Hijri Calender, Sun JRE, Multimedia support, Gimp, Libre Office, ojuba virtual CD, mlterm which supports arabic, patched package managers which supports swapping media, compiz fusion and many extra effects packages see.Untuk para penggemar fedora, mungkin Ojuba merupakan pilihan yang tepat, dengan penggunaan yang sangat mudah.

    Screenshot:


    Website : Ojuba (http://www.ojuba.org/ )

Referensi :

No comments:

Post a Comment