Thursday, November 1, 2012

[Vyatta] Sistem Operasi Router Vyatta

Vyatta (vee-Ah-tah) merupakan sebuah sistem operasi open source yang berbasis virtual router, virtual firewall,maupun untuk vpn dalam jaringan komputer.Seperti dikutipkan bahwa dalam perkembangan sistem operasi vyatta tersebut berdistribusikan debian linux dengan aplikasi networking seperti Quagga, OpenVPN dan lain sebagainya.

Vyatta dapat digunakan pada sistem komputer dengan arsitektur x86 dengan kata lain komputer berprosesor intel ataupun prosesor AMD. Untuk interace yang digunakan adalah CLI (Command Line Interface) Vyatta Routing Platform disebut dengan xorpsh untuk xorp shell. Sebagai sistem operasi yang berfungsi sebagai router untuk mengatur jaringan di dalam fasilitas yang berhubungan dengan jaringan, maka bisa dikatakan vyatta telah mengubah dunia networking dengan mendistribusikan router, firewall dan VPN.

Dukungan sistem operasi router vyatta antara lain :
  • Routing : Ripv2,OSPF,BGP
  • Enkapsulasi: Frame relay atau PPP
  • Address Translation (NAT)
  • Redundancy protocol (VRRP).
  • DHCP server or relay.
  • Troubelshooting: TCPdump
vyatta jika dibandingkan dengan “brand” router yang sudah terkenal seperti iOS Cisco, JunOS Juniper, masih kurang kuat, dikarenakan produk komersial yang banyak didukung oleh produk komersial sehingga vyatta sendiri menjadi solusi untuk pemakaian perangkat lunak jika ingin membangun sebuah infrastruktur dengan “low cost” dikarenakan bersifat opensource.
Instalasi.
Langkah 1. Masukkan CD instalasi dengan sistem operasi vyatta yang sudah diburn. Ketika memasuki tampilan booting vyatta tekan <ENTER>


Langkah 2. Login pada vyatta login: vyatta kemudian pada password: vyatta

Setelah melakukan login dan memasukan password kini sudah bisa masuk ke dalam lingkup sistem operasi vyatta namun kita masih secara live.


Langkah 3. lakukan proses instalasi dengan mengetik install system lalu tekan <ENTER>


setelah itu akan memasukkan proses instalasi.


Langkah 4. Memasuki  pembagian partisi harddisk tekan <ENTER>


setelah itu, terdapat berapa kapasitas harddisk yang digunakan untuk vyatta tersebut,dan pilihan untuk menginstal image dalam harddisk tersebut, tekan <ENTER> lalu ada pilihan agar memastikan harddisk digunakan secara menyeluruh atau tidak, jika "iya", maka ketik Yes.
* Note :
dalam hal ini seluruh harddisk digunakan full untuk vyatta.

Berikutnya pada pilihan yang tertullis How to big of root..... yaitu memastikan pilihan untuk partisi /root vyatta, maka tekan <ENTER>

Tahap selanjutnya akan memasuki create file sistem pada harddisk tersebut, dan untuk pilihan apakah dalam /dev/sda1, pilih Yes jika akan menginstal dalam /dev/sda1 untuk file sistem vyatta tersebut.
  
Setelah itu proses peng-copy-an file sistem atau instalasi dilakukan ke harddisk.


Langkah 5. Memasuki langkah ini, maka terdapat pilihan which one should......boot]: untuk itu tekan <ENTER>

Pada tahap ini, masukkan password untuk sistem vyatta yang baru terinstal pada mesin. Jika telah selesai maka lakukan proses reboot.



Sumber Referensi :
  • Vyatta Documentation - http://www.vyatta.org/





No comments:

Post a Comment