Wednesday, June 30, 2010

[Opini] Kenapa harus Linux ?

Kenapa harus Linux ? Linux bagi orang yang belum mengenalnya mungkin akan bertanya – tanya, atau bahkan mereka akan browsing di internet untuk mencari tahu apa itu linux ?. Sebelum mengenal komputer, orang – orang pasti mengenal sistem operasi yang bergambar jendela warna - warni  dulunya seperti MS Wind*ws 98,2000,XP , V*sta dan sekarang jendela yng ke-tujuh, kenapa begitu ?, karena mungkin dari kecil dulu sudah di”suap” sama "jendela warna - warni", ya itu juga belum tahu apakah asli atau tidak,karena dari sepengetahuan saya banyak memakai OS yang bajakan, sungguh ironis juga ya,termasuk punya di komputer saya ini loh,punya "jendela" yang abal – abal.hmhm.. kenapa nggak dulu kita mengenal linux saja ya kan gratis.!!!.
Dari dulu kita sudah terbiasa dengan produk Paman B*ll Gat*s karena dari segi interface program nya mudah dimengerti, dan tidak terlalu susah untuk digunakan, karena segala kemudahannya ada dalam program tersebut, namun kelemahan dari program besutannya ini menurut saya sering terjadi crash, error akibat terserang virus yang dulu hampir membuat komputer mau saya banting karena terlalu lemot,loading lambat akibat virus tersebut, dan yang lebih memperihatinkan harga produknya sangat mahal, beruntung juga kita tinggal di negara ini karena dapat produknya di bawah harga asli, malah lebih keren dari produk asli karena langsung ada crack-an atau lisensinya, enggak perlu beli dari tempat asalnya sana.ckckck..sungguh malang nasib kita. :( Itulah menurut saya kekurangan dari produk MS. Sekali lagi ku bertanya kenapa dulu kita nggak memakai linux ya ? Mungkin termasuk saya juga dari awal mengenal komputer di bangku Sekolah Menengah Atas, harus disuapi dengan produk "Miekocok" di komputer sekolah, malahan nggak tau juga "Miekocok" "jendela" nya asli apa bajakan, dulu hanya memakai komputer untuk memenuhi materi dari kurikulum pendidikan tersebut, malah dulu nggak tahu apa itu linux, termasuk saya dan teman – teman yang lain nya pada waktu itu.Kenapa begitu ya ?, kok materi dari pendidikan dasarnya mengenal tentang "jendela miekocok" kenapa nggak linux ya ?.
Mungkin itulah salah satu kekurangan dari segi perkembangan pendidikan kita pada saat itu, kadang - kadang perlu diajarkan juga bahwa menggunakan dan memahami  HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual ) harus diajarkan sejak dini dan harus mengerti melanggar dan memakai barang yang tidak resmi merupakan suatu tindakan yang tidak baik, arti nya melanggar hukum, toh. sebaiknya jika kita tidak dapat memakai atau tidak dapat membeli produk asli dari suatu vendor software, alangkah baiknya jika kita memakai produk yang open source atau memiliki kebebasan dalam memakai, menggandakan, maupun menyebarluaskan secara gratis, karena dari segi kualitas nya bahkan lebih baik, didukung oleh banyak komunitas dan memiliki kestabilan yang mumpuni serta jarang sekali terjadi crash atau error, maka dari itu ada baiknya kita mengetahui atau memakai OS linux,walaupun kita tahu bahwa membeli produk asli dari "Miekocok" sekalipun tetap harus membayar lisensi dengan masa berlaku sesuai dengan apa yang ditetapkan, nah dari kabar yang saya dengar banyak pemerintah daerah harus membayar lisensi nya hampir lebih dari anggaran pendapatan pemda itu sendiri, hmhmhm.. :( , alangkah baiknya kita memajukan pendidikan serta infrastruktur pemerintah untuk mengurangi pembayaran lisensi dengan cara memakai OS linux. Mungkin dari sebagian yang belum tahu akan linux baiknya baca ini dulu ya http://id.wikipedia.org/wiki/Linux karena kita bisa linux itu keren lo, dan semua nya gratis dapat di copy kesiapapun, disebarkan ke pacarmu sebagai kado ultah saja boleh. Hehehe :D .


nah berminat dengan linux. Silahkan memilih distro linux yang anda sukai semuanya ada di http://distrowatch.com/

No comments:

Post a Comment