Saturday, April 16, 2016

Situs Pengujian Keamanan Sistem Infrastruktur Jaringan


Berhubungan dengan postingan judul blog sebelumnya (Information Gathering dengan situs shodan.io) , penulis ingin sharing mengenai berbagai situs yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan pentest terhadap infrastruktur kita sendiri sebelum dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Dalam setiap pembangunan infrastruktur jaringan komputer, berbagai macam aspek yang diperlukan adalah perangkat hardware, misalkan perangkat server, router, switch dan lainnya, dan untuk software yaitu sistem operasi, engine service yang dibutukan. Setelah dilakukan konfigurasi terhadap infrastruktur,baik dalam konfigurasi hardware, software, perlu adanya testing terhadap konfigurasi, namun sebagian dari kita akan lupa pengujian untuk segi keamanannya, dan jika secara profesionalitas pengujian dalam keamanan terhadap infrastruktur yang dibuat sangatlah penting, namun suatu ironi ketika kondisi dimana para sysadmin berpikir jika infrastruktur sudah ON, service sudah berjalan, tidak ada misconfiguration, dan jika sesudah itu ada serangan hacking dari luar maunpun dalam, sistem infrastruktur kita dalam down, berbagai service tidak bisa dijalankan dan tentunya akan mengakibatkan kerugian.

Hal yang penting adalah kita perlu melakukan testing keamanan sendiri terhadap infrastruktur yang kita buat. Berikut berbagai situs website untuk melakukan testing, dalam arti kata untuk menghindari para hacker melakukan information gathering,enumeration terhadap infrastruktur kita.
Hasil dari pengujian akan menjadi masukkan untuk kita para sysadmin, dengan melakukan "menambalan" jika ada bugs, memperbaiki kesalahan konfigurasi dan berbagai macam tindakan defensive sebelum infrastruktur kita di serang.

No comments:

Post a Comment