Tuesday, July 6, 2010

[Opini] Hacker Bukan Cracker

Sebagian orang yang awam belum mengerti apa itu "hacker" ataupun "cracker", adapun "cracker" mereka tahu sebagai makanan ringan atau biskuit, padahal bukan itu kalau di dunia maya.

Apa dan Siapa itu hacker ?

menurut wikipedia "hacker" atau peretas serta terkenal juga dengan nama white hat hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya, terutama keamanan. Dalam segi ini seorang hacker didefinisi kan adalah seorang yang menemukan inovasi terbaru dalam bidang teknologi informasi atau bisa saja menemukan sesuatu hal dari implementasi penelitiannya ke suatu hal yang bermanfaat, atau dalam hal ini merupakan terbosan baru untuk kemajuan dan kehidupan manusia, salah satunya pencipta sistem operasi linux yaitu Linus Torvalds, yang menganalisa sebuah sistem operasi Unix dan meneliti agar dapat dijadikan sebuah sistem operasi yang stabil di perangkat komputer, dengan kata lain Linus dikatakan seorang hacker, Kenapa demikian ?, karena ia menciptakan sesuatu sistem operasi yang bernama Linux yang kompatibel serta sistem operasi tersebut dapat didistribusikan secara free, gratis, bahkan dapat kita ubah secara ilegal tanpa ada larangan.

Kesimpulannya seorang "hacker" atau peretas dikatakan seorang ahli di bidang IT yang memberikan kontribusi atas keahliannya untuk kemajuan teknologi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Siapa Cracker atau Black hat hacker itu?

Cracker atau sebagian sebutan nya black hat hacker, ialah seorang yang ahli dalam bidang IT yang menerobos keamanan komputer tanpa izin dan melakukan tindakan yang terlarang atau melanggar hukum, para cracker menerobos keamanan komputer untuk mengambil data  - data penting dan hasilnya tersebut untuk memperkaya dirinya sendiri, contoh yang sering terjadi adalah tindakan pembobolan rekening bank dari akun paypal, online banking, dari tindakan yang mereka lakukan sangat terasa merugikan korban, karena segala hasil penghasilan mereka dicuri dengan modus yang sangat ahli atau modus yang jarang dilakukan oleh pencuri ayam sekalipun, serta modus ini berhubungan dengan bidang komputerisasi dan dunia maya. Dampak kerugian dari tindakan cracker ini sangat besar karena bisa jadi rahasia negara dapat dicuri dengan menerobos sistem komputer dari departemen - departemen yang vital di negara tersebut.

Kesimpulannya seorang cracker adalah seorang sangat ahli di bidang IT yang menerobos keamanan sistem komputer dengan maksud kurang baik atau illegal.

Komunitas MuslimHacker | muslimhackers.net

Kesan pertama masuk ke komunitas ini lebih ke sharing masalah IT yang bernuansa Islami, namun sesuai dengan nama nya, komunitas ini memiliki aturan tersendiri terlebih tidak mengandung unsur yang merusak akhlak dan dari kata "hacker" tersebut komunitas ini merupakan komunitas yang bergelut dengan dunia IT yang dikatakan kategori "White Hat", dengan mengekplorasi sebuah sistem komputer untuk hal yang bermanfaat, terlebih untuk berbagi ilmu IT dengan disisipkan dalam metode dakwah islami. Komunitas ini bukan lah merupakan komunitas yang dikatakan "cyber underground" ataupun "perusak", karena dari aturan yang bersumber dari aturan islami, yaitu saling berbagi pengetahuan dalam dunia IT termasuk kategori nya yaitu tentang hacking.

Jadi dari semua nya ini bagi kita sebagai orang yang masih awam ini harus tahu hal mengenai hacker dan cracker, ataupun kita harus update tentang berita teknologi informasi.

Referensi :

No comments:

Post a Comment